Monday, March 10, 2014

Tahapan Daur Ulang



1. Mengumpulkan : Mencari barang-barang yang telah di buang seperti kertas, botol air mineral, dus susu, kaleng dan lain-lainya.
2. Memilah : Sampah yang akan didaur ulang atau dimanfaatkan ulang dipisahkan dengan sampah yang harus dibuang ke tempat pembuangan. Dan mengelompokkan sampah yang telah dikumpulkan berdasarkan jenisnya, seperti kaca, kertas, dan plastik.
3. Menggunakan Kembali : Setelah dipilah, carilah barang yang masih bisa digunakan kembali secara langsung.Bersihkan terlebih dahulu sebelum digunakan.
4. Mengirim : Kirim sampah yang telah dipilah ketempat daur ulang sampah, atau menunggu pengumpu lbarang bekas keliling yang akan dengan senang hati membeli barang tersebut.
5. Lakukan Daur Ulang Sendiri : Jika mempunyai waktu dan ketrampilan kenapa tidak melakukan proses daur ulang sendiri. Dengan kreatifitas,berbagai sampah yang telah terkumpul dan dipilah dapat disulap menjadi barang-barang baru yang bermanfaat. Contoh sederhananya adalah sampah plastik,sampah plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terurai dengan tanah, yaitu bisa mencapai ratusan tahun lamanya.

Salah satu manfaat yang dimiliki sampah plastik yaitu bisa dibuat menjadi tas yang cantik. Berikut adalah cara membuatnya :

TAS PLASTIK
TAMPAK DEPAN
TAMPAK BELAKANG
TAMPAK DALAM
ALAT DAN BAHAN :
·         Plastik bekas (bungkus kopi/pewangi/jajan/dll) yang sudah direndam dan dibersihkan.
·         Gunting
·         Cutter
·         Kain (untuk bagian dalam tas)
·         Benang
·         Resleting 

CARA MEMBUAT :
1.      Bentuk plastik dengan ukuran dan pola yang sama.
2.      Potong plastik yang sudah di buat pola.
3.      Kemudian, sambungkan potongan-potongan tersebut.
4.      Setelah itu, lapisi bagian dalam tas dengan kain.
5.      Terakhir, pasang resleting dan tali tas sesuai selera.

Selain di buat tas, sampah daur ulang juga dapat dibuat berbagai kerajinan lain yang menarik dan bernilai ekonomis.
Dari beberapa urain di atas dapat kita ketahui bahwa pencemaran lingkungan, merupakan pencemaran yang bisa mengakibatkan kerusakan di bumi ini, bila lingkungan ini rusak maka kehidupan ini akan musnah dan cara untuk mengatasinya yaitu melakukan daur ulang atau recycle. Semoga dapat menjadi contoh dan kita dapat lebih peduli terhadap lingkungan. Terimakasih.

Creator by Nafilah Rahmi

1 comment:

  1. Kak..kalo ada soal yang bukan merupakan tahap tahap dari kegiatan daur ulang yaitu : a. Membersihkan atau mencuci b. Diproses di pabrik
    Gimana kak..mohon bantuannya..terima kasih

    ReplyDelete